Apa itu iOS Jailbreak?


Apa itu iOS Jailbreak ?
iOS Jailbreak atau sebut saja Jailbreak adalah suatu proses dimana kita mengexploit iOS pada iDevice untuk menghilangkan batasan yang ditetapkan Apple pada iDevice. Kalau diumpamakan bila kita login ke komputer dengan OS Windows yang normalnya login sebagai Guest tapi sekarang sebagai Administrator, atau kalau di Linux dari normal/ordinary user ke super user (root) sehingga kita bisa melakukan berbagai hal yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.

Mengapa batasan yang ditetapkan Apple perlu dihilangkan ?
Supaya pengguna iDevice bisa:
a. Mendownload sekaligus menginstal aplikasi, ekstensi, dan tema yang tidak ada di App Store dengan menggunakan Cydia.
b. Mendownload sekaligus menginstal aplikasi yang asalnya dari App Store tapi sudah di-crack (DRM -nya sudah dihilangkan).
c. Meng-customize iDevice seperti yang kita inginkan.
d. Menggunakan iDevice-nya di negara lain dengan operator yang berbeda (unlock jaringan).
e. Dan masih banyak lagi, yang intinya kita bisa melakukan lebih dari yang sudah ditetapkan oleh pabriknya.

Mengapa suatu aplikasi tidak ada di App Store ?
a. Aplikasi tersebut ditolak oleh Apple karena tidak bisa memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Apple, sebagai contoh Apple melarang penggunaan aplikasi yang mana memperbolehkan penggunanya mendonasikan uangnya ke lembaga amal atau swadaya masyarakat (LSM).
b. Pengembang aplikasi tersebut memang dengan sengaja tidak mendaftarkan aplikasinya ke App Store dikarenakan tidak setuju dengan aturan-aturan yang ditetapkan oleh Apple (ngambek).

Apakah Jailbreak menghilangkan garansi ?
Jailbreak sama sekali tidak menghilangkan garansi karena software based, jadi kalo mau claim garansi bisa di restore dulu iOS iDevice-nya.

Apakah Jailbreak berbahaya bagi iOS iDevice ?
Jailbreak sama sekali tidak berbahaya bagi iOS iDevice, perlu diketahui bahwa jailbreak sendiri sudah ada sejak iPhone 1 ketika menggunakan iOS 2.0.

iDevice apa saja yang bisa di Jailbreak ?
iPhone, iPod touch, iPad, dan Apple TV generasi ke 2.

Apa beda antara Tethered Jailbreak dengan Untethered Jailbreak ?
Disebut Tethered Jailbreak bila setelah di Jailbreak iDevice tersebut tidak boleh direstart, bila direstart maka tidak bisa nyala dan hanya sampai pada tampilan logo Apple, sehingga iDevice tersebut tidak bisa digunakan sama sekali kecuali untuk melempari anjing tetangga yang suka berisik dari pada menendang pagarnya. Disebut Untethered Jailbreak bila iDevice tersebut dapat direstart dengan normal, dan saat hidup semua aplikasinya bisa dijalankan dengan normal pula. Disamping keduanya masih ada yang namanya SemiTethered Jailbreak, suatu iDevice disebut demikian bila iDevice tersebut saat direstart dengan cara normal maka aplikasi yang diinstal melalui Cydia tidak akan bisa dijalankan termasuk Cydia, untuk bisa menjalankan aplikasi yang diinstal melalui Cydia, maka iDevice tersebut harus di tethered boot / direstart dengan menggunakan aplikasi Jailbreak semacam redsn0w yang terinstal di PC.

Apa itu Cydia ?
Cydia hampir sama seperti dengan App Store, hanya saja aplikasi yang tersedia di Cydia adalah aplikasi yang tidak resmi (tidak diakui oleh Apple sehingga tidak ada di App Store). Aplikasi yang didapat dari Cydia hanya bisa jalan di iDevice yang sudah di Jailbreak. Suatu iDevice dalam keadaan di Jailbreak pasti ada Cydia-nya, tidak mungkin tidak.

Apa itu Installous ?
Installous merupakan aplikasi client yang ditujukan untuk men-download dan menginstal aplikasi-aplikasi yang sebenarnya berasal dari App Store tetapi sudah di-crack (Digital rights management (DRM) -nya sudah dihilangkan). Karena aplikasi ini dilengkapi dengan AppSync (suatu aplikasi yang disertakan saat menginstal Installous yang fungsinya supaya aplikasi yang ter-crack bisa dijalankan di iDevice), maka semua aplikasi yang sudah di-crack dari manapun asalnya (misal: PandaApp) bisa dijalankan di iDevice yang sudah di Jailbreak, tentunya disesuaikan dengan versi iOS-nya karena tiap aplikasi mempunyai batasan minimum versi iOS untuk bisa dijalankan.

Namun perlu diketahui, Installous sekarang sudah tidak bisa digunakan lagi karena server-nya sudah tidak beroperasi lagi. Biar begitu jangan khawatir karena masih ada alternatif, yaitu: AppCake (Alamat repo-nya: http://cydia.iphonecake.com) dan vShare (aka App VV, alamat repo-nya: http://repo.appvv.com).

Apa resikonya bila kita melakukan Jailbreak ?
1. Tersusupi malware, karena aplikasi yang kita instal melalui Cydia maupun Installous sumbernya tidak jelas maka dapat menjadi celah bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab (cyber crime). Untuk itu, jika iDevice kamu mempunyai data-data penting atau untuk keperluan bisnis maka jangan di Jailbreak.
2. Batrai bisa cepat habis.
3. Selebihnya tanya mbah google.

Penting untuk diperhatikan, jangan meng-update firmware/iOS iDevice yang dalam kondisi ter-jailbreak terutama jailbreak tersebut ditujukan untuk unlock jaringan. Karena update tersebut akan mengembalikan iDevice kekondisi normal/default (jailbreak-nya hilang) sehingga iDevice tersebut ter-lock lagi.

Referensi:
1. Apa itu Jailbreak
2. iOS jailbreaking
3. Cydia
4. Install Installous 4.4.1 on iOS 4.3.2 From Hackulous Repo [How-To Guide]
5. Digital rights management (DRM)
6. Untethered Jailbreak vs. Tethered Jailbreak vs. SemiTethered Jailbreak — What’s the Difference?
7. Superuser

2 comments:

Anonim mengatakan...

Good post however I was wondering if you could write a litte more on
this subject? I'd be very grateful if you could elaborate a little bit more. Appreciate it!
Visit my page : ipad

Anonim mengatakan...

What's up to all, for the reason that I am actually eager of reading this weblog's post to be updated daily.
It carries fastidious data.

My blog post ... affordable seo services

Poskan Komentar

Buat yang "ANONIM" dan nggak punya aturan kelaut saja.